Pahami SEO on-page dan off-page

Ada dua jenis SEO dalam dunia SEO yaitu On Page dan Off Page SEO. Kedua jenis SEO tersebut sama-sama penting, sehingga kurang terasa jika kita tidak mengulasnya. Mari kita pahami apa yang disebut SEO on-page dan off-page.
SEO di halaman

On Page SEO mencakup semua teknik di tempat yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web Anda

. Pengoptimalan di tempat ini, misalnya, kualitas konten, yang saat ini tidak memasukkan banyak kata kunci ke dalam konten.
Pada dasarnya SEO pada halaman terdiri dari:

Konten yang bermanfaat bagi pengunjung
Navigasi website yang baik untuk memudahkan pengunjung
Pengunjung merasa betah di situs web Anda, yang kurang lebih dirangkum dalam keterlibatan
Situs web mudah dipahami untuk mesin pencari seperti Google, kurang lebih mengindeks

Google menilai situs web Anda berdasarkan empat poin di atas

. Anda bisa melihat persentase bounce rate untuk mengetahui apakah website Anda bagus atau tidak. Semakin rendah rasio pentalan, semakin sedikit pengunjung yang meninggalkan situs web, yang berarti pengunjung betah berlama-lama di situs web Anda. Ini juga berarti bahwa situs web Anda mungkin memiliki konten yang bermanfaat bagi pengunjung, navigasi yang baik, dll.

Untuk meningkatkan kualitas On Page SEO, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, misalnya:

  1. Deskripsi meta

Deskripsi meta harus singkat tetapi meringkas konten halaman. Deskripsi meta muncul di bawah judul dan URL dan harus kurang dari 160 karakter.

  1. Tag judul

Tag judul harus unik, mendeskripsikan konten halaman, dioptimalkan untuk kata kunci, dan panjangnya kurang dari 60 karakter.

  1. Teks alternatif untuk gambar

Teks alternatif harus menjelaskan konten gambar dengan maksimal 125 karakter dan dioptimalkan untuk kata kunci.

  1. Tautan internal

Tautan internal memudahkan pengunjung untuk menavigasi situs web, memudahkan mesin pencari untuk memahami situs web, dan mengindeks halaman situs web, sehingga menghasilkan peringkat yang lebih tinggi.

  1. Kecepatan situs web

Kecepatan memuat halaman penting karena halaman yang dimuat dengan lambat memiliki rasio pentalan yang tinggi. Mesin pencari menghukum halaman dengan tingkat pemuatan yang lambat, jadi penting untuk mempercepat pemuatan halaman.
SEO di luar halaman

Kebalikan dari On Page SEO, Off Page SEO

adalah teknik optimasi yang dilakukan dari luar website. Misalnya, contoh tindakan optimasi SEO off-page adalah Anda memberikan tautan/link dari situs web lain ke situs web Anda. Terkadang kita menyebutnya backlink.

Semakin banyak tautan situs web eksternal ke situs web Anda, semakin banyak Google akan menemukan bahwa situs web Anda berguna bagi banyak orang dan akan meningkatkan peringkat Anda dalam pencarian Google. Perlu dicatat bahwa backlink yang dihasilkan harus berkualitas tinggi. Artinya bukan link yang Anda pasang secara masif dan sengaja yang justru dapat dideteksi sebagai spamming.

Pada dasarnya, On Page SEO adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk membuat website Anda bagus dan menarik serta kualitatif. Di sisi lain, SEO Off Page berperan dalam meningkatkan kredibilitas website Anda melalui banyak backlink. Jika Anda berhasil mengoptimalkan SEO On Page dan SEO Off Page, maka nilai website Anda akan lebih tinggi di mata Google dan akan meningkatkan peringkat website Anda.

Lihat Juga :

https://creasi.co.id/
https://fintekmedia.id/
https://kricom.id/
https://kissasian.id/
https://travelbos.co.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://www.sudoway.id/
https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://ngelag.com/
https://newsinfilm.com/
https://voi.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/
https://www.bolt.id/